MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG PROSES PERKULIAHAN

MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG PROSES PERKULIAHAN

Pembelajaran jarak jauh telah umum diterapkan di institusi pendidikan
tinggi di Indonesia. PTJJ atau Perkuliahan Tinggi Jarak Jauh telah diatur secara
resmi dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pasal 31 dan SK Mendiknas No. 107/U/2001 tentang PTJJ. Didalam UU
tersebut mengijinkan penyelenggara pendidikan di Indonesia untuk
melaksanakan pendidikan melalui cara Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ)
dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Media sosial telah berkembang dengan pesat seiring dengan penetrasi
perangkat bergerak pintar dan terjangkaunya paket komunikasi dan data di
Indonesia. Penulis mencoba menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan
menggunakan media sosial sebagai penunjang dalam proses perkuliahan. Fiturfitur
Facebook telah mendukung sebagian besar kemampuan komunikasi pada
umumnya, fitur grup Facebook dan penggabungan beberapa fitur lain antara lain
Catatan, Obrolan dan Berbagi Tautan digunakan penulis untuk
menyelenggarakan PTJJ.
Metode ini diujikan pada sekelompok mahasiswa yang mengikuti dua
perkuliahan yang berbeda. Metode survei digunakan untuk mendapatkan hasil
penelitian setelah diadakan pengujian pada akhir semester. Hasil penelitian
menunjukkan pembelajaran media sosial sebagai pendukung proses perkuliahan
telah berhasil memberikan dukungan terhadap proses perkuliahan.
Kata Kunci: Facebook, Media Sosial, PTJJ, Pembelajaran Media Sosial.

Teknomatika

Jurnal Teknomatika STMIK Jenderal Achmad Yani

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *